MASIGNCLEAN102

8 Extension Visual Studio Code untuk Programmer



Visual Studio Code atau VS Code merupakan salah satu Code Editor yang digunakan lebih dari 30% programmer di dunia. Tampilan yang modern, simple , dan elegan membuat VS Code menjadi code editor pilihan para editor. Selain itu, ada hal lain yang membuat nyaman para programmer / developer untuk menggunakan VS Code ini yaitu Plugin / Ekstension. Plugin / Ekstension merupakan sebuah tool yang dibuat oleh third party untuk memudahkan programmer dalam melakukan coding (snippet, code color) dan juga mempercantik tampilan VS Code. Di artikel kali ini kompikaleng akan membagikan 8 extension visual studio code untuk programmer terbaik.

Dari sekian banyak plugin / extension yang ada, kira – kira extension yang mana yang pas bagi kita sebagai programmer?. Yuk, langsung aja ke 8 Extension Visual Studio Code untuk Programmer.

Bracket Pair Colorizer

Pernah bingung dalam menentukan mana tutup kurawa dari suatu blok kode?. Misal saat kita membuat function() atau if else menggunakan buka kurawa dan tutup kurawa, terkadang kita suka bingung dalam menentukan mana penutupnya, bukan?. Apalagi blok kode kita kurang rapih.

Tenang aja, Bracket Pair Colorizer solusinya. Dengan extension ini, kurung kurawa code kalian bakal ada warnanya. Kalian bakal lebih mudah mengidentifikasi kurung kurawa yang ada di codingan kalian.


Beautify

Beautify merupakan salah satu plugin populer yang ada di Visual studio code. Sesuai namanya, Beautify berfungsi untuk mempercantik tampilan dari coding kalian. Mulai dari space break, ukuran indent , new lines dan lain – lain.

Dengan extension beautify ini, kalian akan lebih mudah dalam menghasilkan coding yang bersih dan rapih.

Code Spell Checker

Selanjutnya kita punya Code Spell Checker. Extension ini bekerja dengan mmemeriksa setiap kata yang kita ketikkan, dan mendeteksi jika terjadi typographical error. Jika terjadi typo, extension ini akan memberikan warning di debug console beserta keterangan line yang salah.

Jadi, jika kalian sering sekali typo atau bingung jika terjadi error padahal merasa bahwa ketikan kita sudah benar, extension ini sangat cocok bagi kalian.

TypeLens

Sering bingung mencari dimana sebuah fungsi dijalankan?, terutama bagi kalian programmer javascript. Dengan typelens, kita bisa mencari dimana sebuah fungsi dipanggil / diexecute. Typelens akan memberikan reference line dimana sebuah function dipanggil.

Kalian bisa lihat contoh gambar di bawah, Typelens memberi tahu dimana saja fungsi test() dipanggil di suatu blok kode.

Material Icon Theme

Material icon theme sangat cocok bagi kalian yang punya sifat estetika tinggi dan perfeksionis. Dengan extension ini, kita bisa memberi material icon di setiap folder / package kita. Ya, mungkin fungsi dari extension ini tidak berpengaruh terhadap kualitas code yang kita hasilkan. Tetapi, dengan menggunakan extension tentu visual studio code akan lebih enak dipandang dan coding menjadi lebih menyenangkan.


npm Intellisense

Kalau kalian javascript developer, kalian pasti akan menggunakan node package manager sebagai penyedia package kalian. Extension ini akan bekerja dengan memberikan suggest snippet pada setiap codingan javascript kalian. Semisal saat akan load suatu package / libaries.


GitLens

Gitlens merupakan extension yang berguna untuk menghubungkan Visual studio code dengan Git. Jika kalian seorang programmer tentu tidak asing lagi dengan Git. Git merupakan version control system. Jadi setiap kalian melakukan update pada projek kalian kalian bisa melakukan pull / push ke project kalian langsung dari VS Code.


Code::Stats

Code stats merupakan extension yang berguna untuk menampilkan grafiik jenis bahasa programming apa saja yang telah kalian buat.

Uniknya, dengan extension ini kita bisa melihat level kita di masing – masing bahasa pemrograman (PHP , javascript , python) yang pernah kita buat.

Gimana? apa kalian memiliki minimal salah satu dari 8 extension di atas?. Kalau kalian programmer sudah seharusnya kalian menggunakan minimal satu plugin / extension di atas ya. Tentu, dengan menggunakan extension akan sangat membantu kita dalam coding dan memperbaiki kualitas coding kita.

Baca Juga : Tutorial Integrasi Retrofit 2 dengan RecyclerView Android

Sumber : https://medium.com/better-programming/8-vs-code-extensions-to-help-you-write-better-code-3f3fa56a3a52

Kalau kalian merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa tinggalkan komentar ya.

Terima kasih.
Share This :
Funtechsy