MASIGNCLEAN102

6 Daftar Framework PHP Terbaik yang Laku di Dunia Kerja



Halo semua, di artikel kali ini kompikaleng bakal intermezzo sedikit ke daftar framework PHP terbaik yang sangat dibutuhkan di dunia kerja nanti. Jika kalian masih dalam masa studi, entah itu SMK jurusan TKJ dan RPL atau sedang melanjutkan kuliah di bidang IT. Sudah saatnya bagi kalian untuk mengetahui referensi framework – framework bahasa PHP Terbaik untuk kalian pelajari lebih lanjut. Apalagi, bagi kalian yang memang tertarik dengan Web Programming pasti akan berkecimprung dengan PHP language.

Sebelum lebih lanjut, kita bahas sedikit dulu yuk bahasa pemrograman php dan arti framework.

PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling populer di dunia. PHP merupakan bahasa pemrograman backside yang artinya dapat mengontrol dan mengolah data di sisi server. Sejak dipublikasikan dengan nama PHP 3 pada tahun 1998, PHP menjadi bahasa pemrograman yang paling populer bahkan sampai tahun ini. Saat artikel ini ditulis, versi PHP saat ini yakni 7.4.0 dan akan terus update seiring berjalannya waktu.

Apa itu framework?

Framework dalam pemrogramman adalah source code / software polos yang memudahkan programmer untuk membangun aplikasi dengan fungsi,plugin dan konsep dari framework itu sendiri. Sudah jelas bahwa fungsi,plugin dan konsep dari masing – masing framework itu berbeda. Maka dari itu, setiap framework memiliki keunggulan dan kelebihannya masing – masing.

Nah, bagaimana? kalian sudah paham lah ya apa yang dimaksud dengan framework PHP itu sendiri.

Kalau begitu, kita lanjut ke daftar framework php terbaik yang laku di dunia kerja.


Laravel


Laravel merupakan framework PHP yang perkembangannya cukup pesat beberapa tahun belakangan ini. Popularitasnya dapat diukur dari jumlah bintang yang diperoleh di github. Saat ini laravel telah memperoleh sekitar 56.1 ribu bintang di github.

Mengapa bisa begitu? karena Laravel mempunyai beberapa keunggulan yang memudahkan programmer dalam development webnya, salah satunya tool artisan.

Apa saja keunggulan laravel?

Keunggulan Laravel

1. Tool Artisan

Artisan merupakan sebuah built-in tool dari laravel yang dapat dijalankan di Command line. Dengan tool artisan ini, programmer dimudahkan untuk menghandle / mengkontrol struktur programnya. Selain itu, programmer juga akan dimudahkan dalam pembuatan file seperti controller, model, seeder dan lain – lain secara otomatis.

2.Database Migration

Salah satu keunggulan yang membuat laravel menjadi framework php terbaik yaitu fitur Database Migration. Dengan laravel, migrasi database dapat dilakukan dengan sangat mudah. Dengan database migration, tentu saja sangat membantu programmer untuk mensinkronkan database development dan database utama.

3. Sistem Templating Blade

Sistem Templating Blade adalah sebuah konsep templating pada laravel yang memudahkan kita untuk mengatur struktur dari view kita. Ini salah satu yang membuat laravel menjadi framework php terbaik di tahun 2019.

4.Security

Di dalam framework laravel sudah terdapat beberap fitur enkripsi yang menjamin keamana dari proses pertukaran data. Seperti Middleware, dan token csrf.

Tentunya, masih banyak lagi keunggulan dari laravel lainnya. Dan akan dibahas di artikel selanjutnya.


Codeigniter


Codeigniter merupakan salah satu PHP Framework yang paling populer. Sejak di rilis pada tahun 2006, Codeigniter telah menjadi Pilihan terbaik para web developer. Codeigniter dipilih karena konsep coding yang dinilai sangat simple. Didukung dengan komunitasnya yang besar, codeigniter menjadi framework pilihan untuk pemula karena simple dan cepat.

Keunggulan Codeigniter

Apa saja keunggulan codeigniter?

  1. Dengan proses setup yang mudah juga dengan set library yang simple didukung dengan documentation dari situs resminya membuat codeigniter menjadi framework php yang paling mudah dipelajari untuk pemula.
  2. Dengan konsep MVC, tentunya memudahkan web developer untuk mengkontrol / maintenance web. Juga, dilengkap dengan built-in function yang simple dan bervariasi memudahkan programmer untuk developing web.
  3. Jika dibandingkan dengan framework PHP lainnya, Codeigniter dirasa lebih cepat. Oleh karena itu, jika kalian ingin membangun website lightweight sangat direkomendasikan menggunakan Codeigniter.

Cake PHP


Cake PHP merupakan framework yang tepat bagi kalian yang pemula. Dengan mementingkan kemudahan pengembangan / developing membuat cake PHP menjadi salah satu dari framework php terbaik.

Sayangnya, komunitas dari cake PHP sendiri tidak sebanyak dari laravel dan codeigniter. Namun itu bukan menjadi pantangan, karena dengan basic PHP didukung dengan dokumentasi dari situs resminya membuat cake PHP menjadi pilihan primadona di dunia kerja.

Yii Framework


Sejak Dirilis pada tahun 2006, yii framework telah menjadi framework php unggulan di masanya. Dengan kemudahan instalasi dan struktur coding yang mudah menjadikan yii framework layak untuk masuk ke daftar framework php terbaik kali ini.

Meskipun termasuk framework PHP lama yang dirilis pada tahun 2004. Namun, nyatanya Yii Framework masih layak untuk dimasukkan ke daftar framework php terbaik yang laku di dunia kerja. Hal ini dikarenakan banyak instansi / perusahaan yang masih mengadaptasi framework Yii ini. Jadi, tidak ada salahnya untuk mempelajari Yii Framework untuk bersaing di dunia kerja.

Slim Framework


Slim framework sebenarnya merupakan sebuah micro framework PHP yang digunakan untuk membuat aplikasi web. Pada kenyataannya, Slim Framework biasanya digunakan untuk membuat REST API yang menghubungkan dengan database.

Mengapa slim framework laku di dunia kerja? Karena Slim Framework diyakini sebagai best framework untuk membuat REST API. Dengan sintaks coding yang simple juga powerful tentu saja Slim Framework sangat cocok untuk membuat APIs.

Symfony


Nah, di daftar terakhir kita punya Symfony Symfony merupakan framework php yang sudah dirilis sejak tahun 2005. Karena sudah selama itu, tentu saja symfony ini reliable untuk developing aplikasi web. Komunitas yang besar juga merupakan salah satu faktor mengapa Symfony menjadi framework php terbaik yang laku di dunia kerja.

Sama seperti framework php pada umumnya, Symfony menggunakan MVC architecure menjadikan symfony mudah untuk didevelop. Selain itu, keunggulan dari symfony yaitu kemudahan untuk pengitegrasian dengan beberapa projek seperti Drupal.

Kesimpulan

Framework dalam pemrogramman adalah source code / software polos yang memudahkan programmer untuk membangun aplikasi dengan fungsi,plugin dan konsep dari framework itu sendiri. Sudah jelas bahwa fungsi,plugin dan konsep dari masing – masing framework itu berbeda. Maka dari itu, setiap framework memiliki keunggulan dan kelebihannya masing – masing.

Dalam memilih framework PHP yang cocok untuk kalian, tentu saja kalian perlu nyaman dan paham dengan konsep dan struktur dari framework itu sendiri. Sehingga, memudahkan kalian dalam mengembangkan Aplikasi Web dengan framework pilihan kalian.

Bagaimana? apa kalian sudah memillih framework php terbaik kalian?

Kalau kalian merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa tinggalkan komentar ya 🙂

Terima Kasih.
Share This :
Funtechsy