MASIGNCLEAN102

Memahami Konsep MVC Codeigniter (Model,View,Controller)

Memahami Konsep MVC Codeigniter (Model,View,Controller) - Bagi kalian para programmer PHP maupun framework-framework PHP seharusnya sudah tidak asing dengan istilah Model, View dan Controller. Sebelum kita lebih jauh lagi dalam memahami konsep MVC, kita mulai dari pengertiannya dulu ya. Konsep MVC merupakan sebuah metode dalam pengembangan suatu aplikasi yang membagi tugas untuk memanipulasi data, antarmuka pengguna, dan inti utama suatu aplikasi pada 3 komponen utama yaitu, Model, View dan Controller.

Nah, pembagian tugasnya bagaimana? yuk kita lanjut

Memahami Konsep MVC pada Codeigniter

Setelah kita Install Codeigniter, Kalau kita lihat pada folder application di codeigniter, terdapat beberapa folder konfigurasi dari codeigniter itu sendiri. Dari semua folder, kita bisa highlight atau fokus ke 3 folder sakralnya dulu yakni Model, View dan Controller.


Codeigniter membagi masing-masing tugas manipulasi data, pertukaran data, user interface dan bagian kontrol utama aplikasi pada 3 komponen yakni Model, View, dan Controller.

3 Komponen dalam Konsep MVC

Model

Model adalah sebuah class yang berisi function function yang berhubungan langsung dengan database (Select, Update, Delete, dan Insert) dilakukan di model. Instruksi ke model ini dilakukan lewat controller.

View

Sama seperti namanya, View bertugas sebagai User Interface yang menyajikan data yang didapat dari controller.

Controller

Controller adalah sebuah class yang bertugas memberikan instruksi ke model untuk melakukan manipulasi data dan juga mengoper data yang didapat ke view. Controller dapat dibilang sebagai kontrol utama dari aplikasi itu sendiri.

Kalau kita ilustrasikan, sederhananya begini.


View meminta data ke Controller -> Controller menginstruksikan Model untuk menarik data -> Model mengambil data di database kemudian mengopernya kembali ke Controller -> Controller mengoper data ke View.


Kelebihan Konsep MVC

Nah, setelah kalian memahami konsep MVC kalian juga harus tahu apa saja kelebihan dari konsep MVC ini.

  1. Dengan menggunakan konsep MVC ini, maintenance aplikasi atau web akan jauh lebih mudah, Karena coding dilakukan secara terpisah pada masing-masing komponen.
  2. Pengembangan aplikasi dapat dilakukan terpisah sesuai kapasitas programmer. Maksudnya, programmer A sebagai web designer akan fokus ke View, programmer B sebagai Back-end developer akan fokus ke Model, dan programmer C akan fokus ke Controller.
Gimana? apa kalian sudah paham dengan konsep MVC ini?. Kalau belum, jangan sungkan untuk tinggalkan komentar ya.

Terima Kasih.
Share This :
Funtechsy