MASIGNCLEAN102

Kunjungan ke Festival UMKM Sembada 3 dan Review Produk UKM Wader Krispi Ndoro Poetri

Sabtu, 5 Desember 2020. Untuk pertama kali nya saya datang ke acara festival UMKM. Festival tersebut adalah Festival yang dinisiasi oleh Dinas Koperasi,Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman bertajuk Festival UMKM Sembada 3.

Festival yang diselenggarakan di atrium Jogja City Mall ini bertujuan untuk mengapresiasi para pelaku Usaha Kecil Menengah  ini diikuti kurang lebih 140-an lebih UMKM dari seluruh wilayah DIY.

Meskipun sudah digelar untuk ketiga kalinya, tetapi merupakan pengalaman pertama saya hadir dan ikut memeriahkan Festival UMKM Sleman ini.

Datang berdua dengan teman saya, kami sempat kebingungan untuk mencari ruangan atrium Jogja City Mall, tempat pameran berlangsung.  Sampai di atrium, kami berdua coba memutari venue pameran sambil melihat aneka produk yang dipamerkan. 

Produk yang ada bermacam - macam jenisnya, dari kuliner, kerajinan tangan, busana / fashion, bahkan ada juga tanaman hias. Dari situ saya semakin yakin kalau ide usaha itu luas. Para ibu - ibu yang saya tanya pun ada yang mengatakan bahwa produk yang mereka jual juga merupakan hobi mereka. Tentu akan semakin menyenangkan jika produk yang kita jual selaras dengan hobi kita.

Dari sekian banyak booth, saya tertarik pada salah satu booth yang menjual produk masakan / jajanan tempo dulu. Booth dari Forkom Ngaglik ini terdiri dari 6 UMKM, di antara nya Jahe Bu Heri, Noboss Food, Dapur Ning Pipit, Rumah Berkah Group, Chobby Pie Salak, dan Ndoro Poetri.

Foto Bareng Stand Forkom Ngaglik


Review Produk Wader Krispi Ndoro Poetri

Salah satu UKM yang ada di booth / stand Forkom Ngaglik adalah Ndoro Poetri. Ndoro Poetri merupakan UKM yang menjajakan jenis makanan / jajanan bernuansa tempo dulu. Di antara nya,

  • Salad Solo
  • Jenang Gempol
  • Timlo Solo
  • Mento
  • Kicak
  • Wader Krispy
  • Dan lain-lain.

Di stand Forkom Ngaglik, saya mencoba salah satu produk dari UKM Ndoro Poetri yakni Wader Krispy. Wader Krispy merupakan produk olahan ikan wader yang digoreng tepung ditambah bumbu rahasia. Produk wader krispy ini juga bergizi, tinggi protein dan kalsium.

Wader Krispy bisa dicemil langsung atau bisa juga dimakan bareng nasi. Saya sendiri menyarankan untuk makan pake nasi ya hehe, karena rasanya begitu kuat gurih.

Yang saya suka dari produk ini adalah cara pengemasan nya, pengemasan nya unik. Meskipun jajanan tempo dulu, tapi pengemasan nya kekinian sekali cantik dilihat.


Dengan harga 15 ribu, sudah bisa mendapatkan 1 kemasan Wader Krispy berat 100 gram bisa buat makan nasi 3-4 kali lho.

Buat temen-temen pembaca yang mau beli dan turut ikut serta mensukseskan produk UKM dari Ndoro Poetri ini, temen - temen bisa menghubungi lewat nomer berikut ya 081328800205. Temen - Temen juga bisa datang langsung ke alamat nya di Perum Banteng Baru, Jl. Banteng Permai No.17 RT 13/RW 46, Kayen, Sleman, Yogyakarta.


Galeri

Selain ke stand Forkom Ngaglik, saya juga sempat berkeliling untuk mengabadikan beberapa foto produk dan stand. Berikut di antara nya,
Forkom Berbah



Produk Brambang Goreng dari Forkom Mlati




Produk Abon dari Forkom Kalasan





Kesan

Kesan saya untuk kunjungan itu senang sekali. Saya sempat bertanya - tanya kepada para pelaku UMKM. Banyak ilmu yang bisa saya pelajari, tentang peluang bisnis, branding, pengemasan, dan lain-lain. Kebetulan keluarga saya juga memiliki UMKM, jadi saya sangat bersyukur bahwa ternyata pemerintah sangat memperhatikan para penggerak roda perekonomian di daerah sleman.

Saya sangat berterima kasih kepada Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman yang sudah mengapresiasi para pelaku UMKM Sleman lewat Festival UMKM Sembada ini. Semoga acara festival ini bisa terus diselenggarakan setiap tahun nya untuk memberikan ruang dan kesempatan lebih kepada pelaku UKM khususnya di Kabupaten Sleman.

#dinkopukmsleman #FestivalUMKMSembada3

Share This :
Funtechsy

avatar

mantap masss sangat menambah wawasann.

6 Desember 2020 20.37